Jenis-Jenis Hardisk Komputer

Wednesday 14 July 2010

Cara mendapatkan 3 Dolar per hari, kerjanya cuma klik iklan yang muncul langsung dibayar caranya:klik gambar dibawah ini atau klik Register Clixsense, lengkapi identitas, tekan Sign-Up kemudian konfirmasi Email.Anda siap klik iklan. Info Lengkap

isimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar terintegrasi. (sumber inspirasi: artikelfathur)

Data akan disimpan dalam lingkaran  kosentris yang biasa disebut dengan track. Tiap track dibagi menjadi beberapa bagian yang biasa dikenal sebagai sektor. Untuk melakukan baca dan tulis data dari atau ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada setiap piringan. Head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sektor - sektor tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. (Waktu yang diperlukan inilah yang digunakan untuk mencari sektor yang biasa disebut dengan seek time) Lalu setelah menemukan sektor yang diinginkan,selanjutnya head secara otomatis akan berputar untuk mencari track. (waktu yang diperlukan inilah yang digunakan untuk mencari track yang biasa disebut dengan latency).

Semakin majunya zaman, semakin maju pula Harddisk. Perangkat keras ini mempunyai jenis-jenis yang beragam, antara lain:

  1. ATA (Advanced Technology Attachment)
  2. SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
  3. SCSI (Small Computer System Interface)
  4. SAS (Serial Attached Small Computer System Interface)


Itu adalah kepanjangannya (agak ngeledek ya :P)



ATA
Harddisk ATA - romadhon-byar
ATA
Harddisk ATA - romadhon-byar - foto by Anomiemine
ATA
ATA atau lebih dikenal dengan IDE drive adalah antar muka standar yang berfungsi untuk menghubungkan peranti penyimpanan seperti harddisk, drive CD-ROM dan lain sebagainya. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA mengunakan 16 bit paralel yang berfungsi untuk mengontrol peralatan komputer. Standar ATA, seperti 200 GB western digital model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection.


SATA
Harddisk SATA - romadhon-byar
SATA
Harddisk SATA - romadhon-byar - foto by Anomiemine
SATA
SATA adalah versi terbaru dari pengembangan ATA. SATA dapat didefinisikan sebagai teknologi perubahan besar untuk menggantikan ATA. Serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan ATA yang sederhana. Antarmuka SATA generasi pertama lebih dikenal dengan nama SATA/150 atau sering juga disebut sebagai SATA 1. SATA menggunakan line 4 sinyal yang dapat membuat kabel menjadi lebih ringkas. Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor yang dimana 4 diantaranya adalah line aktif untuk data. Karena bentuknya yang lebih kecil yang membuat lebih mudah digunakan pada ruangan sempit serta lebih efisien untuk pendinginan.


SCSI
Harddisk SCSI - romadhon-byar - foto by Anomiemine
SCSI
SCSI merupakan interface Hard Disk yang sangat umum digunakan oleh Personal Computer Server. Harddisk ini masih menggunakan tekonologi parallel, tetapi lebih cepat dan efisien dalam pengolahan data - data yang kapasitasnya besar. Pada satu kabel SCSI dapat diinstalasikan sekitar 15 device yang sekaligus dengan panjang 1,5 meter. Standar SCSI mendefinisikan perintah - perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. Berdasarkan tingkat kecepatan putaran-nya, harddisk SCSI mampu berputar antara 10.000 sampai dengan 12.000 rpm.


SAS
Harddisk SAS - romadhon-byar - foto by Anomiemine
SAS
SAS merupakan interface yang menggabungkan fitur SCSI dengan SATA. SAS menggunakan port konektor yang mirip dengan port konektor SATA. SAS memiliki kompaibilitas dengan perangkat - perangkat sebelumnya. SAS adalah teknologi transfer data yang di desain untuk memindahkan data dari dan ke media penyimpanan pada komputer, seperti Hard Drive dan Tape Drive. SAS merupakan serial protokol point to point yang menggantikan bus SCSI paralel. SAS bersifat hot plug seperti SATA yang dapat dipasang dan dilepas saat komputer masih hidup. SAS memiliki domain dan ID khusus yang dinamakan word wide name yang bersifat unik dan dapat dikenali lewat network/internet.

Penulis: tutorial ~ Nurhasan Blogger | Blog Tutorial dan Informasi |

Artikel Jenis-Jenis Hardisk Komputer ini dipublish oleh tutorial pada hari Wednesday 14 July 2010
Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Jenis-Jenis Hardisk Komputer.
\
\
Copyright © 2010 - . | Blognya Bang ACHAN | Powered By : Blogger | Desain Template By : Nurhasan Blogger | All Rights Reserved.