Ciri-ciri Kerusakan pada Komponen Komputer

Wednesday 11 September 2013

Cara mendapatkan 3 Dolar per hari, kerjanya cuma klik iklan yang muncul langsung dibayar caranya:klik gambar dibawah ini atau klik Register Clixsense, lengkapi identitas, tekan Sign-Up kemudian konfirmasi Email.Anda siap klik iklan. Info Lengkap

 
 1. Kerusakan pada BIOS
Ciri-ciri Bios yang rusak :
1. Hidup tapi tidak ada tampilan alias blank
2. Keyboard yang tidak terdeteksi
3. Cd / Dvd yang tidak terdeteksi
4. Sound tidak berbunyi
5. Bila VGA diinstal dengan driver aslinya tapi malah blue screen
6. Kegagalan dalam booting, yaitu tidak bisa masuk system operasi, dan restart terus
7. Komputer / laptop sobat Mati total, itu juga bisa dikarenakan bios yang bermasalah
8. Sering restart (lebih sering) 
9. Ada beberapa hardware yang tidak terdeteksi (kadang terdeteksi) 

2. Kerusakan Pada Mother Board
Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.
Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS
 
3. Kerusakan Pada Power Supply
Gejala :
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.
Solusi :
Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.
Masalah :
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.
Solusi :
Lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.
Catatan : Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.
 
4. Kerusakan Pada Harddisk
Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”.
Solusi :
Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar, sebaiknya dikencangkan, kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal, jika tidak normal berati harddisk rusak di controllernya.
Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu muncul pesan “Operating system not found”.
Solusi :
Ada kemungkinan Operating system rusak, bisa diatasi dengan install ualng atau jika OS anda menggunakan windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. atau ada kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas
Gejala :
harddisk bad sector?
Solusi :
Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya, tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software…..Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector….pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif.
 
5. Kerusakan CD/DVD/ROM/RW & Floppy Disk
Gejala :
Jenis kerusakan yang biasa ditemui :
1. Tidak terdeteksi di windows
2. Tidak bisa keluar masuk CD
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)
Solusi :
1. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud
 
6. Kerusakan pada RAM

Muncul Blue Screen of Death

BSoD (Blue Screen of Death) merupakan ciri – ciri kalau ada masalah pada driver atau hardware di Windows. Kalau yang bermasalah ada RAM maka akan muncul pesan error yang berhubungan dengan memori, biasanya adalah “Memory Access Violation”, “Memory could not be read”, “Memory could not be written”, dan semacamnya.
windows-7-bsod-stop-0x00000116

Komputer mati mendadak saat sedang bekerja

Enak – enak bermain game atau menonton film tiba – tiba mati komputernya tanpa ada pesan kesalahan apapun yang muncul. Ya ini bisa menjadi pertanda bahwa RAM anda kepanasan dan untuk mencegah overheating motherboard anda mematikan seluruh arus listrik, atau ada kerusakan fisik pada bagian tertentu di modul RAM.

Muncul bunyi – bunyian bip tidak wajar saat menghidupkan komputer

Pada saat komputer pertama dihidupkan kalau tidak ada masalah tidak akan muncul suara “beep” atau hanya sekali saja keluar bunyinya, ini tergantung jenis pembuat BIOSnya. Proses ini dinamakan POST (Power-On Self Test) dan fungsinya untuk menguji kesehatan hardware. Kalau tiba – tiba saja muncul suara yang normalnya tidak ada maka anda harus mengecek apa arti kode bip yang muncul sesuai dengan mereknya, biasanya antara bunyi bip panjang dan pendek.

8.Kerusakan Processor

Ciri-ciri Processor Rusak :

  • Panas berlebih di belakang motherboard tepat pada dudukan processor,terkadang heatsink panas padahal baru 2-3 menit komputer dinyalakan.
  • Tidak Terdengar suara beep saat POST ( Power On Self Test ).
  • komputer tidak ada tampilan sama-sekali.
ini Solusi yang saya Ambil saat Itu :

  • Jika processor yang digunakan keluaran intel,maka jangan sekali-kali dipaksakan kinerjanya ( overcloacking ) dengan merubah setingan pada BIOS ataupun pada Registry Editor. untuk Processor jenis AMD silakan saja.
  • Sirkulasi udara pada casing komputer harus benar-benar diperhatikan,kipas bukan aksesoris tetapi komponen utama  sirkulasi udara,sirkulasi udara yang baik adalah ada kipas pemasuk udara dan ada kipas penyedot panas pada sisi yang lainnya.
  • Bersihkan debu pada motherboard secara berkala minimal 6 bulan sekali.
  • Apabila temen-temen kesulitan dalam mencari motherboard/processor yang cocok dengan komputer temen-temen yang rusak,maka admin bersedia membantu ( silakan tinggalakan komentar aja dibawah).
 
 
  • Komputer mengeluarkan bunyi saat booting.
  • Terjadi bluescreen saat instalasi windows.
  • Pada akibat yang lebih parah dari kerusakan RAM,Komputer tidak akan bisa booting dengan ditandai oleh suara "BEEP" yang berulang ulang.
  • - See more at: http://www.spiderbeat.com/2012/12/ciri-ciri-memory-ram-rusak.html#sthash.T3FxNzEn.dpuf
  • Komputer mengeluarkan bunyi saat booting.
  • Terjadi bluescreen saat instalasi windows.
  • Pada akibat yang lebih parah dari kerusakan RAM,Komputer tidak akan bisa booting dengan ditandai oleh suara "BEEP" yang berulang ulang.
  • - See more at: http://www.spiderbeat.com/2012/12/ciri-ciri-memory-ram-rusak.html#sthash.T3FxNzEn.dpuf
     
     
     

    Penulis: tutorial ~ Nurhasan Blogger | Blog Tutorial dan Informasi |

    Artikel Ciri-ciri Kerusakan pada Komponen Komputer ini dipublish oleh tutorial pada hari Wednesday 11 September 2013
    Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Ciri-ciri Kerusakan pada Komponen Komputer.
    \
    \
    Copyright © 2010 - . | Blognya Bang ACHAN | Powered By : Blogger | Desain Template By : Nurhasan Blogger | All Rights Reserved.